Rabu, 12 Februari 2020

Sepak Bola


Sepak bola adalah salah satu olahraga permainan yang menggunakan bola dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Satu orang bertugas sebagai penjaga gawang dan lainnya menjadi pemain, di mana ada yang menempati posisi bertahan dan menyerang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Sepak bola adalah olahraga yang paling populer di dunia.
Dalam permainan sepak bola yang berhak untuk menyentuh bola hanya penjaga gawang saja.  Penjaga gawang dapat menyentuh bola dengan tangan atau lengan, dan itu pun hanya boleh di dalam daerah gawangnya. Jika penjaga gawang menyentuh bola di luar daerah gawangnya, maka termasuk jenis pelanggaran. Sedangkan 10 (sepuluh) pemain yang lain hanya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan. Jika 10 pemain tersebut menggunakan tangan, maka namanya handsball dan termasuk jenis pelanggran. Biasanya 10 pemain tersebut menggunakan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola.
Tim yang mencetak gol lebih banyak pada akhir pertandingan dinyatakan sebagai pemenang. Jika hingga waktu berakhir skor antara satu tim dan tim lainnya sama, maka akan dilakukan perpanjangan waktu dan jika skor masih imbang, dilanjutkan dengan adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Olahraga

A. Pengertian Olahraga Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki tujuan tertentu, seperti halnya melatih tubuh untuk kesehatan jasmani ma...